PERBEDAAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER


MIKROPROSESOR
Disebut juga Central Processing Unit (CPU) yang bekerja sebagai pusat pengolah dan pengendali sistem komputer mikro. Terdapat tiga bagian penting : Arithmatic Logic Unit (ALU), Register Unit (RU), dan Control Unit (CU). Mikroprosesor harus dilengkapi dengan sebuah memori berupa Read Only Memory (ROM) program memori yang hanya bisa dibaca dan Read Write Memory (RWM) program memori yang bisa dibaca dan ditulis, decoder memori, osilator, dan sejumlah peralatan input output seperti port data seri dan pararel.
Mikroposesor dalam penggunaannya digunakan untuk mengambil data, membentuk kalkulasi, perhitungan atau manipulasi data dan menyimpan hasil perhitungan tersebut. Teknologi yang digunakan adalah CCD, PMOS, NMOS, CMOS, Bipolar, IIL, DMOS, dan VMOS.

MIKROKONTROLER
Sebuah komputer mikro dalam satu chip tunggal. Bagian Mikrokontroler hampir sama dengan Mikroprosesor hanya saja pada Mikrokontroler terdapat Input dan Output Pararel maupun Seri, counter-time, dan rangkaian clock. Mikrokontroler adalah sebuah piranti yang dirancang untuk kebutuhan umum dan juga untuk mengontrol kerja mesin atau sistem menggunakan program yang disimpan pada sebuah ROM. Mikrokontroler bekerja menempel pada suatu alat atau disebut juga Embedded System.

Perbedaan dan persamaan yang lebih spesifik dari beberapa konsep
1.  Memiliki jumlah pin Alamat, Data dan Interupt sama yaitu, 16, 8, dan 2
2.  Mikroprosesor tidak terdapat I/O seri/Pararel, sedangkan Mikrokontroler terdapat 32
3.  Ukuran Stack lebih besar Mikrokontroler
4.  Mikroprosesor memiliki Flag lebih banyak yaitu 6



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH STAR OFFICE WRITER

BAHASA ASSEMBLY

MAKALAH HAJI DAN UMROH