MAKALAH TENTANG APLIKASI WAZE

MAKALAH
TENTANG APLIKASI WAZE

TUGAS MATA KULIAH COMPUTER VISION
Dosen Pengampu : Abdul Wahab



                                                                                   

DISUSUN OLEH
KELAS 4M

LAELATUL MAULIDAH         ( 1504E133 )




D3 TEKNIK KOMPUTER
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL
2015
Kata Pengantar

Puji syukur dipanjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Dalam makalah kali ini saya akan membahas tentang “Aplikasi Waze”, yang menurut saya dapat  menambah  pengetahuan  dan  pengalaman bagi para pembaca, untuk  kedepannya  dapat  memperbaiki  bentuk  maupun  menambah  isi  dari makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin  masih  banyak  kekurangan  dalam  makalah  ini. Oleh karena itu saya mengharapkan  kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.





Tegal,     13 April 2017

penyusun





BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang Masalah
Waze adalah sebuah perangkat lunak navigasi gratis untuk telepon genggam ( Handphone ) dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini Waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan BlackBerry.
Berbeda dengan Perangkat lunak navigasi umumnya, Waze memberikan informasi dan peta berdasarkan masukan komunitas pemakainya. Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya.
Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol (chat), memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta dan peristiwa khusus lainnya. Dengan demikian Waze adalah gabungan dari aplikasi navigasi dengan jejaring sosial dan permainan online.
Jadi bias dikatakan, aplikasi Waze  ini  sangat  membantu  dan  bermanfaat pada kehidupan manusia. Diharapkan dapat menjadi acuan dan sumber dalam pembelajaran mengenai ilmu komunikasi. Oleh karena itu saya membuat  makalah  ini  untuk  menjelaskan pengertian, cara menggunakan, dan perbedaan perangkat lunak navigasi Waze dengan Perangkat lunak navigasi lainnya.

2.     Rumusan masalah
a.   Apa yang dimaksud aplikasi Waze?
b.   Apa Kelebihan dan Kekurangan Waze?
c.    Perbedaan Waze dengan Google Map?
d.   Bagaimana cara menggunakan Aplikasi Waze?
3.     Tujuan
a.   Mengetahui pengertian aplikasi Waze
b.   Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Waze
c.   Mengetahui perbedaan Waze dengan Google Map.
d.   Cara menggunakan Aplikasi Waze



BAB II
PEMBAHASAN

1.            Pengertian aplikasi Waze
Waze adalah sebuah Perangkat lunak navigasi gratis untuk perangkat telepon genggam dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini Waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan  BlackBerry.[1]
Waze bisa diunduh dari negara manapun di dunia termasuk Indonesia, namun peta dasar untuk Indonesia belum tersedia sehingga kontribusi pengguna sangat diutamakan.
Waze aplikasi petunjuk arah (GPS) : Membantu Perjalanan. Kebanyakan orang saat ingin pergi jauh atau ke daerah yang jarang dikunjungi dan belum pernah di kunjungi pasti mengalami kesulitan saat menuju atau mencari lokasi yang ingin di tempuh. Nah jangan khawatir di jaman yang serba modern ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan petunjuk arah atau navigasi atau yang biasa kita kenal dengan GPS. GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System yaitu, sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit atau sistem navigasi yang menggunakan satelit yang didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun. [2]

2.            Kelebihan dan Kekurangan Waze
1.     tampilan yang menarik dan sudah tersedua option.
2.     Bisa menunjukan kecepatan kendaraan.
3.     Menunjukan jarak yang akan ditempuh.
4.     Menunjukan perkiraan waktu tempuh menuju tujuan.
5.     Memberitahu apa yang terjadi didepan kita, misalnya : kecelakaan dan kemacetan.
6.     Bisa di bagikan ke Facebook, Twitter, dll.
7.     Jalur yang dilalui bisa di lacak melalui google account.

Kekurangan      
1.     Masih sering di temukan nama jalan yang belum tertera
namanya, contoh “Jalan Tanpa Nama”.
2.     Waze belum bisa membedakan jalan yang tercepat dan terpendek.
3.     Jika malam hari tidak terdeteksi apakah jalan yang akan di lalui ramai atau sepi.
4.     Tidak ada foto trafic dari polisi lalu lintas yang telah dipasang CCTV.




3.                 Perbedaan Waze dengan Google Map.
·         Google maps menampilkan semua bentuk transportasi sedangkan waze lebih terfokus untuk menampilkan informasi navigasi yang bagus bagi pengemudi kendaraan bermotor seperti fitur live report dari pengguna aplikasi contohnya kemacetan.
·         Dengan google maps, tidak peduli pengguna mengemudi, bersepeda atau berjalan kaki. Google maps akan menawarkan informasi yang intuitif untuk membantu pengguna aplikasi mencapai tempat yg dituju.
·         Google maps menyediakan informassi mengenai tempat-tempat menarik seperti hotel, restoran, wisata atau hiburan lainnya. Google maps juga akan menunjukan seberapa jauh lokasi yang dituju. Hal ini dapat menjadi penting ketika waktu adalah hal penting bagi pengguna karena dapat menjadwalkan waktu pengguna lebih baik.
·         Dengan Waze, pengguna bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang kapan pengguna mungkin mencapai tujuan , tetapi aplikasi ini tidak akan menawarkan informasi yang sangat berguna tentang bagaimana kondisi jalan yang mungkin mempengaruhi waktu perjalanan pengguna.
·         Google Maps memiliki desain yang lebih intuitif dibandingkan dengan Waze. Untuk pengguna pertama kali, Waze mungkin tampak sedikit rumit. Dengan Google Maps, bahkan pemula dalam penggunaan aplikasi navigasi akan tahu jalan di aplikasi tanpa banyak kesulitan.
·         Google maps adalah menawarkan lokasi travel untuk tiap orang mengunjungi temapt-tempat yang belum didatangi sebelumnya. Keseluruhan antarmuka yang mudah digunakan ditawarkan dengan peta yang dengan kualitas bagus ke semua tempat bukan hanya rute mengemudi. Membuat Google Maps lebih cocok untuk perjalanan.
·         Waze lebih baik untuk real-time update lalu lintas. Waze memiliki banyak informasi dari pengguna lain di jalan sehingga pengguna terus update dengan pemberitahuan tentang kemacetan lalu lintas dan kecelakaan yang dapat memperlambat. Waze juga lebih baik di rerouting driver untuk menghindari kemacetan. Google Maps mulai mengimplementasikan beberapa fitur tersebut juga, tetapi Waze masih melakukan pekerjaan yang lebih baik  dalam mengarahkan pengguna dengan cepat.
·         Add-On yang disukai oleh pengguna Waze adalah fitur pelacakan polisi. Sehingga pengguna mengetahui keberadaan polisi, dan dapat menghindari area-area tertentu.
·         Dalam pemakaian data dan memori, Waze lebih banyak data dan memori yang dipakai.
Dari perbandingan diatas, Google Maps lebih diunggulkan dengan tampilan yang lebih simpel dan praktis sehingga pengguna yang baru pun dapat memahami navigasi dari Google Maps tersebut. Sedangkan Waze lebih menititik beratkan kepada penyajian informasi kemacetan lalu lintas (real-time updates) sehingga berguna untuk menghindari titik-titik mecetan di area tertentu. Kembali lagi kepada kebutuhan Anda akan sebuah aplikasi navigasi.[3]

4.             Cara Menggunakan Waze          
Cara menggukana aplikasi waze yang utama adalah pastikan terlebih dahulu bahwa telepon genggam (Hp) android anda terinstal aplikasi waze. Lalu buka aplikasi Waze dan tentukan lokasi yang akan dituju. Saran saya pilih rute terpendek dengan cara masuk ke Settings – Navigation – Routing Styles – pilih Shortest. Lalu klik oke dan silahkan ikuti rute yang ditentukan Waze.




BAB III
KESIMPULAN


·         Waze adalah Aplikasi Perangkat Lunak Navigasi semacam GPS untuk membantu dalam menentukan arah menuju Tujuan / tempat lokasi Perjalanan.
·         Waze masih dikategorikan Aplikasi Bayi  karena tidak tersedianya fitur fitur yang lengkap.
·         Google Map masih jauh lebih unggul dari pada Waze.




[1]  https://id.wikipedia.org/wiki/Waze
[2] http://kursusmobileapplication.com/waze-applikasi-petunjuk-arah-gps-membantu-perjalanan/
[3] https://rizkafebrila.wordpress.com/2015/11/14/google-maps-vs-waze/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH STAR OFFICE WRITER

BAHASA ASSEMBLY

MAKALAH HAJI DAN UMROH