MAKALAH STAR OFFICE WRITER




MAKALAH
STAR OFFICE WRITER

TUGAS MATA KULIAH APLIKASI PERKANTORAN
Dosen Pengampu: Zamzani


Description: logo poltek.jpg





DISUSUN OLEH
KELOMPOK 4:

LUNAMAHARANI                    ( 1504E190 )
LAELATUL MAULIDAH         ( 1504E133 )
LUTHFI ALIZANI AZIZ           ( 1504E128 )
LASRON FRANCISKO             ( 1504E068 )

 
 







D3 TEKNIK KOMPUTER
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL
2015


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Dalam makalah kali ini kami membahas tentang “star office writer”, yang menurut kami dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.





Tegal,     07  Desember 2015

penyusun










BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang Masalah
Star office writer sebuah aplikasi pengolahan kata yang di keluarkan dengan cuma-cuma atau gratis yang dapat dijalankan di berbagai system operasi. Star Office Writer juga mempunyai fasilitas yang memungkinkan pengguna membuka file-file dokumen yang dibuat di aplikasi pengolah kata lain. Star Office Writer juga dilengkapi perangkat untuk pengaturan outline, penambahan table, indeks, dan hyperlink kehalaman dokumen.
Jadi bias dikatakan, aplikasi star office writer ini sangat membantu dan bermanfaat pada kehidupan manusia. Diharapkan dapat menjadi acuan dan sumber dalam pembelajaran mengenai ilmu komunikasi komputer. Oleh karena itu kami membuat makalah ini untuk menjelaskan pengertian, komponen, ruang lingkup dan perbedaan star office writer dengan Micosoft Word.

2.     Rumusan masalah
a.   Apa yang dimaksud aplikasi star office writer?
b.   Apa Kelebihan dan KekuranganStar Office Writer?
c.    Perbedaan dan persamaan Star Office writer dengan Microsoft Word?
d.   Apa saja Komponen dalam Star Office Writer?
3.     Tujuan
a.   Mengetahui pengertian aplikasi star office writer
b.   Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan star office writer
c.   Mengetahui persamaan dan perbedaan Star Office Writer dengan Aplikasi Microsoft Word
d.  Mengetahui komponen yang ada pada Star Office Writer



BAB II
PEMBAHASAN

1.            Pengertian aplikasi star office writer
Star Office Writer adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat multiplatform yang artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi.
StarOffice Writer
didesain agar mudah digunakan dengan fasilitas menu-menu standar dan tombol-tombol toolbar, icon icon , kotak  dialog, dan layouts  tools.Tampilan komponen-komponen tersebut dapat di atur sehingga sesuai dengan  yang  diinginkan Star Office Writer dilengkapi dengan  smart  toolbars  yang  memudahkan kita menemukan tombol-tombol yang ingin kita cari.[1]
Star Office Writer merupakan aplikasi pengolahan kata, untuk membuat dokumen, laporan, skripsi, surat, newsleter, artikel, proposal, brousur dan buku.
Sta rOffice Writer adalah  seperangkat  lunak  perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing. Selain itu  Star Office Writer bisa dikatakan salah satu software Office Suite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar. 
Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office Word yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, StarOffice Writer secara kualitas setingkat dengan Microsoft Office Word. Jadi bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office Word akan cepat familiar dengan StarOffice Writer sebab menu dan fiturnya sangat mirip walaupun tidak 100% sama. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, StarOffice Writer ini juga bisa diinstal di lingkungan Microsoft Windows.[2]
2.            Kelebihan dan Kekurangan Star Office Writer
·       Powerfull dan Full Features.
·       Memiliki banyak aplikasi.
·       Integrasi aplikasi office.
·       Kompatibel dengan Ms. Office.
·       Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll.
·       StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
·       Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
·       Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.
·       Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya. [3]
3.         Perbedaan dan Persamaan Star Office writer dengan Microsoft Word
·     Open office diperoleh secara Gratis sedangkan Microsoft Office tidak.
·     Menu dan interface pada Microsoft Office berbeda peletakannya dengan  open office.
·     Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge Microsoftoffice.
·     Open office dapat membuka Microsoft Office, sedangkan Microsoft Office tidak.
·     Open office dapat menhasilkan file pdf, sedangkan Microsoft Office harus menggunakan plugin.
·     Open office memerlukan aspek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan Microsoft Office tidak.[4]


4.              Komponen yang ada pada Star Office Writer

·       OpenOffice.org Writer, adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll
·       OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
·       OpenOffice.org Impress, adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.
·       OpenOffice.org Draw, adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.
·       OpenOffice.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.
·       OpenOffice.org Base, adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.[5]






























BAB III
KESIMPULAN


Star Office Writer adalah aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan oleh berbagai sistem operasi. 
Star Office Writer dikembangkan oleh Komunitas Star Office Writer yang didirikan oleh Sun Mycrosystem. Star Office Writer merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source, dan siapa pun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa merubah kode sumbernya.
Star Office Writer.org bisa tersedia dalam dua muka baik dengan sistem operasi Windows dan Linux. Selain itu Star Office Writer.org mendukung format berbagai format file Microsoft Office.
Dan lebih mudah menggunakan Ms.word karena menu toolbarnya simple dan mudah di mengerti


[1]http://denaartaputra.blogspot.co.id/2012/05/staroffice-writer-aplikasi-pengolah.html
[2]http://apiw29.blogspot.co.id/2011/02/kata-pengantar-puji-syukur-kami.html
[3]http://arini3194.blogspot.co.id/2012/12/perangkat-lunak-pengolahan-kata.html
[4]http://kurniako.blogspot.co.id/2012/12/perbedaan-microsoft-word-dan-open-office.html
[5]http://apiw29.blogspot.co.id/2011/02/kata-pengantar-puji-syukur-kami.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA ASSEMBLY

MAKALAH HAJI DAN UMROH