cerpen

   Assalamu’alaikum Wr. Wb
Sebelumnya terimakasih untuk kalian-kalian yang sudah mau meluangkan waktu untuk membaca CERPEN saya yang pertama kali akan saya publikasikan. CERPEN ini saya buat terinspirasi dari curhatan-curhatan teman saya waktu SMA. Yaa mungkin juga terinpirasi dari kisah-kisah yang pernah saya alami juga. CERPEN ini sama sekali tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang untuk dipublikasikan. CERPEN ini bisa dibaca oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai yang sudah mendekati kematian (tua).
 Saya sangat berharap sekali CERPEN ini nantinya akan menjadi sebuah NOVEL yang akan mempunyai seri, seperti NOVEL yang dibuat oleh Raditya Dika. Kalo boleh jujur saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mengngagumi sosok bang Radyt, doakan saya semoga bisa menjadi seperti dia (amin). Okee kita fokus sama CERPEN, CERPEN yang akan saya buat berjudul “SEPERTI INILAH AKU” ,  menceritakan seorang gadis yang hatinya selalu dibingungkan oleh dua pilihan namun dia harus tetap memilih karena memang itulah yang harus dia lakukan. Kisah cinta yang membingungkan namun layak untuk diperjuangkan. Walaupun banyak dilema yang akan dialami oleh si gadis itu. okeee SELAMAT MEMBACA.

JUDUL : SEPERTI INILAH AKU
KARYA : LAELATUL MAULIDAH ( @Laela_maulidah)
               


Rintihan hujan mulai terdengar, langit yang tadinya cerah oleh panasnya pancaran sinar matahari kini meredup tertutup tebalnya awan hitam pekat . Kenalin, aku Ririn, cewe yang katanya paling angkuh, pemarah, cuek, dan ga bisa buat diajak diskusi, aku yaa aku! Orang  yang tidak akan bisa berubah oleh masa dan waktu, aku tetap akan jadi diriku sendiri, karena INILAH AKU.  Aah sudahlah mungkin hari ini memang tandanya aku harus stay in my home. Padahal udah dandan cantik gini eh malah hujan, capeee dehhh!!!, tak lama hapeku... (nada dering) “akuuu jadi jomblo ditinggal mati jadi pacarku tak rugi” loh itu bukanya suara hapekuu, aku taroh dimanaa ini. Jangan-jangan... otakku langsung terfokus pada adik kesayanganku, panggil saja dia Nico. Dia satu-satunya saudara kandungku, dia emang hobby banget jailin aku, dan paling hebat banget buat ngebela diri, padahal dia yang salah tapi aku terus yang selalu dimarahin ayah. Ngeselin kan, tapi walaupun kelakuannya seperti itu dia tetap adik kesayanganku.
                Perlahan aku mendekati Nico yang tentu saja sedang asyik bermanja ria ditempat biasa aku tidur (kasur), padahal ayah udah ngebuatuin kamar yang cukup besar, tentu saja lebih besar dari kamarku tapi emanglah namanya juga anak nakal ya pasti maunya menang sendiri. “Nico mana hape kakaaa!!” Tak ada satu katapun keluar dari mulutnya, dan aku makin curiga.
                Karena ga mau kalah nakalnya aku ambil aja bantal  terus tak lempar deh kemuka tuh anak, tapi tetep aja ga ada respon. Aku curiga jangan-jangan ini anak... ku buka selimut yang menutupi muka nya, uuuh lantas tak ada respon ternyata dia tertidur. Oh ya hapeku mana yaa?? Aku geledah semua,sampai 30menit belum ketemu juga, aduh.. mana ya hapekuuu,, karena lelah akupun duduk di kursi yang ada dikamarku dan tak sengaja... heeem (senyum manis) ternyata hapeku ada disaku celanaku sendiri. “maaf ya dee” bisikku lirih. Lagi lagi aku yang ceroboh, untunglah belum sempat aku memarahinya, bisa-bisa malah aku yang kena marah ayah.
Siapa ya yang tadi menelponku, kubuka hape.., oh Dimas ternyata. Eeit pasti pengin tau dong dimas itu siapa? Ya Dimas adalah cowo yang paling keren disekolahku, dia disukai banyak wanita, kecuali yaa aku, aku ga suka dengan sifat dia yang so’so’an baik padahal Cuma mau mainin hati cewe doang. Huh... temen-temen bilang dia suka sama aku tapi maaf sajalah, bukan typeku. Tak lama hapeku berbunyi lagii, ahh lagi-lagi Dimas. Males banget ngangkatnya, palingan Cuma mau gombal ga jelas, ogah ah.. males ngomong sama dia. Ku letakkan hapeku dimeja belajar, dan yang terjadi hape terus-terusan bunyi, Nico aja sampai kebangun. “kaaa, itu hape berisik amat, matiin napa!! Aku ngantuk” celoteh Nico. Eh habis ngomong gitu langsung tidur lagi dia, dasar anak aneh. Mentang-mentang cuaca lagi hujan kerjaannya Cuma tidur doang. Huuh karena aku juga ga mau diganggu sama bunyi hapeku terus, dengan terpaksa aku angkat.”iya hallo apa? Kalo ga penting ga usah telfon, ganggu!!”, terdengar rintihan kesakitan dari hape Dimas, “loh kamu kenapa?”, Dimas tak  menjawab apa-apa. “heiiii, kamu niat telfon engga, ga usah pura-pura bikin aku kuatir deh, ga mempan!!!” karena kesal aku matiin deh telponnya terus hape aku matiin.
Esok paginya, seperti biasa aku sebelum berangkat sekolah  ribut dulu sama Nico. Yaa kejadian ini udah kaya sarapan tiap pagi, dan selalu saja aku yang harus mengalah. Ayah terlalu memanjakan Nico itu sebabnya Nico jadi gitu deh, apa-apa ayah, dulu waktu ibu masih ada ibu yang selalu ngebela aku tapi semenjak ibu tiada,  aku harus  ektra sabar ngadepin Nico. Dan terpaksa hari ini aku harus nganterin Nico dulu kesekolah. Di perjalanan aku Cuma bisa dengerin suara Nico yang serak-serak banjir, (dalam hati) sabarrr Ririn!!! Nyemangatin sendiri, Sesampainya di sekolah Nico, ini anak ga mau turun, ngeselin banget kan, giliran udah nyampe sekolah mintanya diantar ayah, makin emosi akunya. Ada acara nangis-nangis segala lagi, bikin malu aku aja. Terpaksa deh balik rumah lagi, untungnya ayah belum  kekantor jadi ga usah bolak-balik kekantor segala.
Turunin Nico dari mobil Langsung pamitan sama ayah, berangkat deh kesekolahku, ahh emang sial banget hari ini, sesampainya disekolah malah telat, ini gara-gara Nicoo, awas ya nanti pulang sekolah aku jitak, mumpung ayah nanti pulang malem jadi ga akan ada yang belain dia. Seperti biasa hukuman telatnya berdiri dilapangan sambil megangin papan yang ada tulisan. “aku malu, karena berangkat telat” dan kejadian itu emang bener-bener bikin aku malu. Aku harus berdiri di teriknya matahari sampai jam pertama pelajaran selesai, mampus dah... untunglah aku punya dua teman baik, Ocha dan Fay yang mau nyemangatin dan tanpa sepengetahuan guru mereka memberiku minum dan makan, aku sangat berterima kasih sama dua teman baikku ini.
Hukuman berakhir, tapi kesialan belum berakhir. Ya mungkin ini karena salahku juga,temen baikku pergi kekelas terlebih dahulu dan aku berjalan sendiri dengan tidak memperhatikan jalan, yaa aku nabrak pintu kelasku sendiri, spontan teman-temanku yang melihat kejadian itu langsung tertawa bahagia, tapi tidak dengan Bayu, dia malah asyik mendengarkan music dengan handset ditelinganya. Bayu, dia adalah cowo pintar yang ada dikelasku, aku sedikit tertarik padanya, karena dia mempunyai sifat yang sama seperti aku. Tapi ga pernah dia ngerespon kebaikkanku, ngeselin kaya Nico.  Walaupun sedikit kesal karena Bayu hanya diam saja saat yang lain tertawa tapi tak apalah, setidaknya hanya menabrak pintu. kedua teman baikku membantuku masuk kekelas. “kamu kenapa ga hati-hati sih, kan kan gitukan mukanya, jadi jelek kamu” sindir Fay. Ya karena aku emang anaknya acuh, dengan sedikit malu aku masuk kekelas dan duduk dibangkuku, tapi sebentar, ada yang aneh dengan bangkuku... bunga dari siapa ini? Kenapa ada dibangkuku. Aku melihat kebelakang, sepertinya bukan Bayu lantas siapa? Tiba tiba aku terfikir dengan Dimas, ku tengok tempat duduknya, loh kok dia ga ada? Apa dia sakit?? Entah lah, buat apa juga aku mikirin dia, ga mungkin juga Dimas yang kasih bunga, orang dia juga ga berangkat.
Waktu istirahat... aku dan dua teman baikku pergi kekantin yaa Cuma beli makanan kecil sih tapi sekalian refresing mata. Lagi bingung mau beli apa, eh ibu kantin nyeletus “ibu denger nak Dimas kecelakaan ya non” spontan mendengar kabar itu aku langsung kaget, “iyaa bu, Dimas emang tadi malem kecelakaan” kata ocha, loh darimana ocha tau, ucapku dalam hati. Selesai membeli makanan kecil aku dan ocha kembali kekelas, tapi tidak bersama Fay, ya maklum saja dia mau pacaran dulu sama cowonya. Karena penasaran sesampainya dikelas aku menanyakan pada Ocha tentang Dimas, yaa pantas saja Ocha tau, rumah Ocha ga jauh dari rumah Dimas. Yang bikin kaget tempat dimana Dimas kecelakaan dekat sekali dengan rumahku. “kamu khawatir sama Dimas, Rin??” kata Ocha. Mendengar ucapan Ocha aku juga kaget, kenapa ucapan Ocha bikin aku uring-uringan gini. “kamu udah mulai suka Dimas ya” celetus Ocha. Aah ga mungkin aku suka Dimas, orang aku sukanya sama Bayu, jawabku. “percuma juga kamu suka Bayu, dia ga pernah tuh respon kebaikkanmu, mending sama Dimas, walaupun dulunya dia playboy tapi setelah dia suka kamu, dia mau memperbaiki sifatnya itu” kata Ocha. Karena ga mau bikin aku makin kepikiran, aku pura-pura aja ga dengerin suara Ocha. Kaburrr ahhh.. Cha aaa aku kekamar mandi dulu yaa. Ucapku sambil lari menjauhi Ocha.
Sesampainya dikamar mandi (toilet) yaaa tentu saya ucapan Ocha masuk banget ke hati, tapii ya karena aku emang anaknya gini, temen mau bilang apa ya ga bakal aku rewes. Ya acuhin banget deh ucapan Ocha. Mati-matian usaha biar ga kepikiran eh malah kepikiran, “apa bener aku suka dimas? Lalu gimana sama Bayu, bukannya aku tertarik banget sama Bayu” ucapku dalam hati. Tiba-tiba hapeku berdering “akuu jodi jomblo ditinggal matii”. Uuuh aku kira siapa, nyatanya Nico. “kakaaaaa!!! Jemput aku sekarangg” suara Nico. Ini anak kalo minta jemput maunya seenak hati aja, ga tau apa kakanya lagi sekolah. “kamu minta jemput Ayah aja de, kaka masih disekolah” jawabku sebari langsung menutup ponsel.
Jam sekolah udah selesai, tapi perasaan kuatir sama Dimas, masih aja nyantol. “kita ke rumah Dimas yoo” ajak Ocha. “aku ga bisa, biasa mau pergi sama doi” jawab Fay. “aku boleh ikut” terdengar suara anak cowo dari bangku belakang. Ohh nyatanya Bayu toh, pantes suaranya ngademin hati banget. “tentu, gimana kamu Rin, mau ikut kaga?”ucap Ocha. Karena Bayu ikut aku juga wajib ikut dong ya, kesempatan ga dateng dua kali. “naik mobilku aja ya, Yu kamu yang nyetir” kataku.
Diperjalanan menuju rumah Dimas, Ocha menceritakan kronologis kecelakaan yang dialami Dimas, menurut info yang Ocha ketahui, Dimas kecelakaan saat sedang menelpon seseorang, tapi Ocha tak tau pasti siapa yang ditelpon Oleh Dimas. Apa mungkin aku, ucapku dalam hati. “Dimas tak menelponmu Rin?” tanya Bayu. Loh kenapa Bayu bisa nanya kaya gitu?. “oh engga kok, ponselku kemarin aku matiin, jadi ga mungkin yang Dimas telfon itu aku “  jawabku terpaksa bo’ong. “Rin, kalo aku boleh jujur. Dimas itu sayang banget sama kamu, dia mati-matian minta aku buat cuek sama kamu, tentu saja biar kamu ga suka lagi sama aku. Dimas tau kalo kamu suka sama aku” kata Bayu.” Apaan sih yu, siapa lagi yang suka sama kamu” jawabku mengalihkan pembicaraan. “ temenmu udah cerita semuanya ke aku “, kata Bayu. “ Kamu cha.. tega kamu” kataku sambil menunjuk ke orah Ocha. “ Maafin aku Rin” kata Ocha dengan nada menyesal. “Tapi  kalo aku boleh jujur, sebenernya aku itu juga suka sama kamu, tapi rasa cintaku kekamu ga sebesar rasa cinta Dimas kekamu Rin” celetus Bayu. “udah ah, ga usah bahas, kalian berdua sama. Kenapa juga aku harus punya temen kaya kalian” kataku dengan nada marah.
Sesampainya dirumah Dimas, “udah sana kalian berdua yang masuk, aku mau langsung pulang, byeeee” kataku sambil langsung cabut dari rumah Dimas. “ tapi Rin....” kata Bayu dan Ocha. Entah apa yang terjadi di rumah Dimas selanjutnya akupun tak tau. Tapi sepanjang perjalanan kerumah aku terus saja kepikiran Dimas, “ini kenapa lagi aku mikirin Dimas terus” kataku dalam hati.
Esok harinya di sekolah, mataku langsung tertuju pada bangku Dimas yang kosong. “Rasanya aku bener-bener merindukannya saat ini, apa pulang sekolah nanti aku kerumahnya saja . Aduh aku bingung “ ucapku dalam hati. Ga lama Fay dan Ocha datang menghampiriku. “Rin, kamu masih marah sama aku” kata Ocha menyesal. “ kalian marahan? Kenapa? Jangan dong” kata Fay. Aku terdiam sejenak. “ Hei,.. mana mungkin aku marah sama kamu. Kemarin aku mungkin terlalu emosi , maafin aku ya Cha” kataku sambil memeluk Fay dan Ocha. “maafin aku juga ya Rin, aku menyesal” kata Ocha. “oke, kalian sudah baikkan, jadi jam istirahat nanti kalian harus nraktir aku baso, sampai aku kenyang” ucap Fay meledek.  “okee” kataku dan Ocha serentak.
“Bel berhentinya kegiatan sekolah pun berbunyi”. Tanpa pikir panjang akupun langsung berlari menuju mobil untuk bergegas pulang atau mampir kerumah Dimas. Saat aku sedang berlari tiba-tiba terdengar suara Bayu,”Rin tunggu”. Apaan lagi si ini orang, ga tau apa lagi buru-buru” kataku dalam hati. “Rin, hari ini kamu harus kerumah Dimas, apa semuanya bakal terlambat” kata Bayu. “memang Dimas kenapa, apa harus aku yang kerumah? Kamu aja sana yang kerumahnya” kataku acuh sambil meninggalkan Bayu. “Rin aku mohon” kata Bayu dengan irama memohon. “okee aku kesana” kataku, karena emang sebenarnya aku juga mau kesana, tanpa Bayu suruh juga aku bakal kerumah Dimas. “makasih Rin, terima kasih banget, Dimas pasti seneng” kata Bayu. Aku langsung meninggalkan Bayu dan bergegas menuju rumah Dimas. Sesampainya dirumah Dimas. “tok tok tok” ku ketuk pintu rumah Dimas. Lumayan lama aku menunggu sampai akhirnya pintu rumah pun dibuka. Terlihat seorang anak perempuan kira kira seumuran adikku Nico di balik pintu, mungkin dia adiknya Dimas. “kaka siapa?” tanyanya lembut. “Aku Ririn, temennya ka Dimas. Boleh aku ketemu sama kakamu?” kataku. “oh, ka Ririn kenapa baru kesini, apa kaka ga tau? Ka Dimaskan kecelakaan setelah dari rumah kaka” katanya lagi. Sontak aku langsung kaget. “Hah, aku ga tau kalo kakamu kecelakaan setelah dari rumahku, aku aja ga ketemu di dari sebelum aku tau dia kecelakaan” kataku dengan nada sedih. “yaudah ka sini masuk aja, ka Dimas pasti seneng ketemu kaka” katanya. Aku diantar menuju kamar Dimas yang letaknya di Lantai dua rumah Dimas. “kalian Cuma berdua?” kataku berjalan sambil bertanya. “engga kok ka, ada bibi juga”jawabnya. “engga maksudku ibu sama ayah kalian?” tanyaku lagi. “oh.. ibu kan udah lama meninggal, ayah udah bersama istri barunya, aku disini Cuma bertiga, aku ka Dimas dan bibi” jawabnya. “oh apa mungkin ini yang ngebuat Dimas jadi cowo playboy” kataku dalam hati. “ini ka,  masuk aja. Ka Dimas ada di kamar ini, aku turun dulu buatin kaka minuman yah, kaka mau minum apa?” katanya. “apa aja terserah kamu cantik” jawabku. Ga lama setelah adik Dimas pergi ninggalin aku didepan kamar Dimas aku mendengar suara rintihan sakit dari dalam kamar Dimas. Sontak langsung kubuka pintu kamar Dimas dan mendekatinya. Melihat keadaanya membuat aku tidak bisa menahan air mata. “Dim...” kataku. “Ririn” jawab Dimas sambil membalikkan tubuhnya kearahku. Aku benar-benar ga bisa ngomong apa-apa, melihat keadaanya yang ga bisa  melakukan apa-apa membuatku merasa bersalah. “udah ga usah nangis, aku gapapa kok. Sini duduk, jangan berdiri mulu kamu pasti cape” kata Dimas. “aduhhh....” suara rintihan Dimas. Aku bingung harus apa? Tanpa pikir panjang aku langsung memeluknya. “kamu  kenapa ga ngomong kalo kamu kerumahku? Terus kenapa kamu mengalami kecelakaan sampai kaya gini” kataku sambil masih memeluknya. “tadinya aku mau kasih itu kekamu” kata Dimas sambil menunjuk barang yang akan di berikan padaku. “itu apa?” tanyaku. “itu adalah bukti kalo aku bener-bener sayang sama kamu, dan aku ga main-main. Memang dimata kamu aku itu cowo ga baik, tukang mainin hati cewe, tapi itu dulu sebelum aku bener-bener jatuh cinta kekamu” jawab Dimas. “aku tau kamu sukanya sama Bayu, tapi aku ga nyerah Rin, buat kamu apapun bakal aku lakuin, walaupun aku harus jadi tukang suruh Bayu, iyaaa itu semua biar Bayu mau   jauhin kamu” jawab Dimas melanjutkan. “lalu, apa yang ngebuat kamu mengalami kecelakaan?” tanyaku. “iya saat itu aku terlalu buru-buru buat ngasih itu semua kekamu, kebetulan cuaca juga lagi hujan, dan cerobohnya lagi aku mengendarai mobil sambil berusaha menelpon mu, ya udah deh, terjadilah kecelakaan itu” jawab Dimas. Lalu aku teringat dengan bunga yang ada di bangkuku sehari setelah Dimas mengalami kecelaan, “apa bunga yang ada dibangkuku beberapa hari yang lalu itu juga dari kamu?”, tanyaku. “iya.. Cuma bunga itu yang masih utuh, jadi aku titipkan saja bunga itu sama Bayu, buat dikasih kekamu”, jawabnya, Aku bener-bener ga bisa ngomong apa-apa. Dan saat itu juga aku merasakan cinta yang sesungguhnya, dimana ada dia yang mencintaiku dan ada dia yang ku cinta. “maafin aku” kataku sambil nangis. “udah, kamu ga salah kok, ini seratus persen salahku” kata Dimas menenangkanku. “oh ya mumpung kamu disini aku mau pamit” kata Dimas. “kamu mau kemana?” tanyaku. “aku akan berobat ke Singapore” jawabnya. “apa itu lama?” tanyaku. “mungkin juga lama karena melihat kondisiku menurut dokter yang merawatku, aku harus melakukan penyembuhan selama kurang lebih 2 tahun” jawabnya lagi. “harus selama itu kah” kataku. “iya” kata Dimas, dan tiba tiba memelukku. “tapi kamu jangan khawatir, aku disana Cuma berobat, aku bakal tetep cinta sama kamu sampai aku balik ke Indonesia lagi, aku janji” apa hari yang lalu itu juga dari kamu?”, tanyaku. “iya.. Cuma bunga itu yang masih utuh, jadi aku titipkan saja bunga itu sama Bayu, buat dikasih kekamu”, jawabnya,kata Dimas. Aku bisa apa kalo itu emang yang terbaik buat Dimas. Tanpa aku sadari hari sudah mulai malam, karena terlalu asik ketemu sama Dimas sampai ga inget waktu. “udah malam, aku pulang dulu yah. Besok hati-hati ya dijalan, jangan lupa kasih kabar” kataku. Saat akan meninggalkan kamar Dimas, tanganku ditarik sama Dimas, tentu saja sampai posisiku memeluknya. “Rin, aku sayang kamu. Aku janji akan selalu bikin kamu bahagia, tapi maafin aku karena saat ini aku harus ninggalin kamu  dengan waktu yang sangat  lama” kata Dimas. “aku juga sayang kamu Dim, kamu hati-hati ya disana,  aku bakal terus doain kamu biar kamu bisa balik kesini lagi” jawabku.
Hari demi hari aku lewati tanpa adanya sosok Dimas, ya hubunganku sama Bayu juga semakin akrab, tapi bukan karena kita saling cinta. Fay dan Ocha pun tidak pernah membicarakan tentang perasaanku lagi, ya mungkin karena mereka tau. Jika mereka membahasnya itu akan ngebuat aku bersedih. 2 tahun sudah .. sekarang aku melanjutkan sekolah disalah satu Universitas Negeri di Jakarta. 2 tahun aku jalani tanpa Cinta dan tanpa kabar dari Dimas. Aku kembali menjadi aku yang angkuh, menyebalkan dan pemarah, ya karena aku memang seperti ini.  Terakhir Dimas kasih kabar waktu dia akan melakukan operasi selanjutnya sudah Dimas bener-bener menghilang, tapi walaupun begitu aku tetep nunggu dia. Aku percaya dia akan nepatin janjinya.

The end------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH STAR OFFICE WRITER

BAHASA ASSEMBLY

MAKALAH HAJI DAN UMROH