Jenis-Jenis Server dan Fungsinya


Komputer server sendirisebenarnyaadabeberapajenisdandibedakanberdasarkanfungsidari server itusendiri, dibawahinimerupakanbeberapamacamjenis server yang banyakdigunakandalamsebuahjaringankomputer.

1) Mail ServerSoftware padasuatu server yang menjalankanservicenyasebagai email, umumnya yang biasadigunakanialahqmail, exim, postfix dll. Port yang digunakanuntuk Mail Server adalah 110 ( IMAP ) , 143 ( POP ) , 25 atau 587(SMTP), dll.  
2) WEB Server
Software padasuatu server yang menjalankanservicenyasebagaiprotokol http, umumnya yang biasadigunakanialah apache, httpd, IIS, tomcat, dll port yang digunakanumumnya 80
3) Database Server
Software padasuatu server menjalankanservicenyasebagai database, umumnya yang biasadigunakanialahmysql, postgres, dll.port yang digunakanumumnya 3306
4) FTP Server
Software padasuatu server menjalankanservicenyasebagai file transfer protokol (FTP), umumnya yang biasadigunakanialahFTPD , pure-ftp. port yang digunakanumumnya 21
5) Proxy Server
Dapat digunakanuntukmemperkuat security padasebuahjaringan.
6) Game Server
Server yang installasikanaplikasi game sebagaiindukygdigunakanuntukpusatuntukmenghubungkanantarpemain (client) denganpemain yang lainnya. 
7) Samba Server
Merupakansebuahkomputer server yang dilengkapidengansebuahaplikasidanberfungsiuntukmelayanipermintaan sharing atautukarmenukar data antaraduakomputer client yang berbedasistemoperasinyamisalnya Linux dan Ms. WIndows.Port yang digunakanuntuk Samba Server adalah 137 dan 139.
8) DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)
Sebuahkomputer server denganaplikasikhususdanberfungsiuntukmemanagementpengalokasianalamat IP dalamsebuahjaringan.Denganadanya server inisobattidakusahmelakukanpengisianalamat IP padamasing - masingkomputer client, karenaakandiberikansecaraotomatisoleh server ini. Port yang digunakanuntuk DHCP adalah port 67 atau 68.
9) SSH Server ( SecureShen )
SSH Server merupakankomputer server yang dipasangsebuahaplikasikhusussehinggakitabisamengendalikanataumengirimkanperintaheksekusikepada server tersebutdarijarakjauh( remot ). aplikasi SSH inibiasanyamenggunakan port standart 21.
10) DNS ( Domain Name System )
DNS Server merupakansebuah server yang dipasangsebuahaplikasi agar supayadapatberfungsiuntukmenterjemahkansebuahnama domain ke IP address, jadisobattidakperlumengingatnomeripsebuahkomputer, cukupmengingatnama domain darikomputertersebut. Biasanya DNS Server menggunakan port 53 dalampengaplikasiannya.
11) PRINTER SERVER
Print Server adalahsuatualatataukomputer yang dihubungkankesatuataulebih printer dalamsuatujaringan, alatataukomputertersebutakanmenerimaperintahdarikomputer-komputer lain danmengirimkanpada printer yang telahditentukan.
12) FILE SERVER
File server adalahsebuahkomputerterpasangkejaringan yang memilikitujuanutamamemberikanlokasiuntukakses disk bersama, yaitupenyimpananbersama file komputer (sepertidokumen, file suara, foto, film, gambar, database, dll) yang dapatdiaksesoleh workstation yang melekatpadajaringankomputer.
13) ADMINISTRATION AND MANAGEMENT SERVER
Manajemen server adalahtindakan/kegiatan yang dilakukan agar sebuah server dapatbekerjadenganseefisienmungkindandapatbekerjadenganbaiktanpaadanyamasalah yang memungkinkanterjadinyasebuah server gagalberfungsi (down) atauterganggukinerjanya.
14) WIDE AREA INFORMATION SERVER (WAIS)
WAIS adalahsistemperngkatlunak yang digunakanuntukmencari basis data terindekspada remote server. WAIS mengahsilkandaftarhalamanatau file yang telahterurut yang dapatdiambildari server.

15) Fax Server
Fax server digunakanuntukmelayaniservis fax bagi client. Denganadanya server fax ini. Segalapermintaanpengiriman fax maupunmenerima fax akanmelalui server fax ini. Server fax inijugadilengkapidengan modem yang mendukungfungsi fax.
16) Telnet Server
Merupakan server yang digunakanuntukmelayaniservis Telnet.Denganadanya server ini, kitabisamelakukan remote komputer yang kitainginkan.Sebelumkitameremotekomputer, kitamasukduludalamsistem login server telnet ini.Kemudianpermintaan telnet diteruskankekomputertujuan yang dimintaoleh client.
17)  Application Server
Dalamfungsinya, server inimerupakankomputer server yang digunakanuntukmenjalankansuatu software applikasi.
18)  Streaming Media Server/Server Audio/Server Multimedia
Server inimelayaniservis streaming data media sepertimusik, video. Servisinimemungkinkankitadapatmengaksessebuahkontentanpakitamendownloadnyaterlebihdahulu.
19)  Server Platform
Server platform adalah hardware atau software dasaruntuksistem yang bertindaksebagaimesin yang menggerakkan server.

20)  Chat Server
Untukmenangani chatting beberapa user.

21)  Groupware Server
Iniadalah software yang dirancang yang memungkinkanpenggunauntukbekerjasama, terlepasdarilokasi, melalui Internet atau intranet perusahaandanberfungsibersama-samadalamsuasana virtual.

22)  IRC Server
Internet Relay Chat server memungkinkan user untukberdiskusilewatjaringan

23) List Server
Menyediakancara yang lebihbaikmengelolamilis. Server dapatberupadiskusiinteraktifterbukauntuk orang-orang ataudaftarsatuarah yang memberikanpengumuman, buletinatauiklan.

24) News Server
Iniberfungsisebagaisumberdistribusidanpengirimanuntukbanyakkelompokberitaumum, didekatimelaluijaringanberita USENET.
25)  Virtual Server
Virtual server adalahmetodeuntukmengurangijumlah server fisik, jadipadasatu server fisikseolah-olahadabeberapa server.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH STAR OFFICE WRITER

BAHASA ASSEMBLY

MAKALAH HAJI DAN UMROH